Selasa, 29 Maret 2016

Macam-macam Tipe AC Daikin dan perbedaannya


AC Daikin. Memang AC Split Daikin memiliki 7 tipe, namun tidak seperti AC Panasonic yang sangat jelas membedakan fitur antara satu tipe dan tipe lainnya, AC Daikin lebih sulit membedakannya, terutama untuk tipe Standard Thailand (SMS) dan tipe Deluxe Thailand.
Namun disini kami akan berusaha menjabarkannya supaya lebih dimengerti.
Baik kita mulai dari tipe AC Daikin yang Split yah…
tipe ac daikin
UPDATE 2015
Mulai tahun 2015 ini sudah ada 4 tipe Inverter terbaru Daikin yang menggunakan Freon R32. 1 tipe Deluxe dengan R32 dan 2 tipe Standard dengan Freon R410A Mari kita lihat model dan keunggulannya.
1. AC Daikin Inverter Smile Freon R32 (FTKC-NVM4 Series atau FTKC-PVM4) Made in Thailand



AC Daikin Inverter R32 tipe Smile FTKC Series
Tipe AC Daikin ini disebut juga tipe Inverter Smile, karena memiliki garis kurva seperti orang sedang tersenyum di body AC. Tipe ini memiliki beberapa keunggulan seperti:
* Tipe Inverter Smile tersedia mulai 1 PK sampai 2.5 PK dan sudah menggunakan Freon R32 yang selain ramah lingkungan dan lebih dingin dari R22, Freon R32 juga memiliki angka potensi penyebab global warming yang jauh lebih rendah dibanding R22 dan R410A.
* Tipe Inverter Smile tidak memiliki sensor mata. Sensor mata hanya terdapat di tipe High Inverter FTKV-NVM4 Series yang akan dibahas setelah tipe ini. Namun tetap memiliki filter anti bakteri yang bernama Titanium Apatite Photocatalytic Filter.
* Tipe Inverter Smile hanya memiliki 1 bilah sirip naik turun yang mengatur aliran udara sama seperti tipe Standard Malaysia kecuali tipe 2PK dan 2.5PK tetap memiliki 2 bilah sirip
* Tipe Inverter Smile memiliki mode LOW WATT, untuk model 1 PK dan 1.5PK dimana apabila menggunakan AC 1.5PK tipe ini sekalipun, rumah dengan daya listrik 1300Watt dijamin tidak bakal jebret listriknya karena AC-nya bisa mengurangi konsumsi listrik sampai maksimal 380 Watt stabil APABILA ada perangkat rumah lain yang menyedot listrik. Kalau tidak ada perangkat listrik lain yang membutuhkan daya, AC tetap bekerja di Watt normalnya. Namun tentu saja pada mode ini, AC jadi lebih lama mencapai suhu remote tentunya.
* Tipe Inverter Smile memiliki mode COMFORT AIRFLOW, untuk model 1PK dan 1.5PK dimana selama AC menyala sirip akan bergerak keatas untuk mencegah aliran udara dingin mengenai ke badan kita
* Tipe Inverter Smile juga memiliki mode Econo adalah fitur dimana bila dinyalakan, maka kinerja AC hanya akan sampai 70% saja dari maksimal. Dengan begitu konsumsi listrik LANGSUNG TURUN lebih rendah sekitar 30%, walaupun pada saat pertama kali AC dinyalakan jadi lebih lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu remote. Fitur ini HANYA TERSEDIA di AC 2PK dan 2.5PK
* Tipe Inverter Smile juga memiliki mode Outdoor Quiet Mode yang membuat suara Outdoor AC berkurang dari 46db ke 43db. Fitur ini tersedia di AC 2PK dan 2.5PK. Tidak lupa semua tipe Inverter Smile dilengkapi Indoor Quiet Mode yang membuat suara angin AC dari 25db ke 22db.
AC Daikin Inverter Smile sangat laku karena harganya lebih murah dari AC Inverter Panasonic dengan konsumsi Watt yang kurang lebih sama dengan AC Inverter Panasonic.
2. AC Daikin High Inverter Freon R32 (FTKV-NVM4 Series) Made in Thailand

AC Daikin Hi-Inverter FTKV series
Tipe AC Daikin ini disebut High Inverter karena konsumsi listriknya lebih rendah dibanding tipe Inverter Smile (FTKC Series) dan juga memiliki sensor mata untuk mendeteksi keberadaan manusia seperti di tipe Daikin Inverter yang lama. Untuk mendapatkan spec lengkap seperti Btu, Konsumsi listrik dan harga ACnya bisa langsung menuju halaman harga AC Daikin 2016 kami.
* Tipe AC Daikin tipe High Inverter ini tersedia mulai 1PK sampai 3PK
* Tipe AC Daikin tipe High Inverter memiliki sensor mata untuk mendeteksi keberadaan manusia di dalam ruangan persis seperti tipe Inverter lama dan tentu saja dilengkapi filter anti bakteri yang bernama Titanium Apatite Photocatalytic Filter
* Tipe High-Inverter memiliki sirip ganda naik turun untuk mengatur aliran udara seperti Inverter tipe lama
* Tipe High-Inverter memiliki mode 3D AIRFLOW dimana sirip AC dapat bergerak ke kiri-kanan dan atas-bawah secara independen sehingga membuat pendinginan lebih merata ke seluruh ruangan. Fitur ini tersedia di model 2PK dan 2.5PK
* Remote AC Tipe High Inverter Daikin juga sudah dilengkapi dengan backlight sehingga mudah dioperasikan dalam kondisi gelap.
* Tipe High-Inverter memiliki mode Econo adalah fitur dimana bila dinyalakan, maka kinerja AC hanya akan sampai 70% saja dari maksimal. Dan konsumsi listrik AC akan LANGSUNG berkurang sekitar 30% dari seharusnya. Tentu saja dengan trade off AC jadi makan waktu lebih lama untuk mencapai suhu remote. Fitur ini tersedia di di semua lini tipe ini yaitu 1PK – 3PK.
* Tipe High Inverter juga dilengkapi Indoor Quiet Mode dan Outdoor Quiet Mode sama seperti Inverter Smile namun bedanya kedua fitur ini sudah tersedia di semua PK tipe AC ini.
* AC Daikin High Inverter juga sudah bisa dipasangi modul Wi-Fi walaupun harus diletakkan di tembok, tidak bisa disembunyikan di dalam AC-nya seperti di AC Daikin European Design. Fungsi modul Wi-Fi adalah supaya user bisa mengatur AC seperti menyalakan dan mematikan AC, mengatur temperatur, dll. Dari HP Android atau iPhone anda (dengan menginstal program tambahan dari Google Play Store atau Apple Store) dimanapun anda berada selama AC di rumah anda terhubung dengan WiFi dan HP anda juga terkoneksi Internet. Canggih banget kan?! Harga modulnya adalah sekitar 2.4jt Rupiah dan teknisi dari Daikin sendiri yang akan datang memasangkan modul WiFi di AC anda dan melatih anda cara menggunakannya.
AC Daikin High Inverter 1PK terutama merupakan AC Inverter dengan Watt terendah di Indonesia! coba bandingkan untuk 1PK konsumsi dayanya hanya 260 – 735 Watt! Sedangkan bila dibandingkan dengan Panasonic misalnya, untuk 1PK Inverter konsumsi dayanya 225 – 920 Watt! Jadi dari pertama kali menyalakan AC anda sudah berhemat sebanyak 185Watt PER DETIK!!!!!!! dahsyat bukan?
Tipe ini menjadi best seller kami sekarang karena walaupun lebih mahal dari tipe Inverter Panasonic namun konsumsi listriknya sangat dahsyat hematnya menjadikan konsumen kami banyak memilih tipe ini untuk ruang tidur mereka. Untuk melihat seberapa besar penghematan uang yang bisa didapat silakan baca artikel AC Inverter kami. Kalau mau langsung cek harga dan konsumsi listrik AC Daikin silahkan langsung kunjungi artikel harga AC Daikin terbaru kami.
3. AC Daikin European Design Freon R32 (FTKJ-GVM4 Series) Indoor Made in Czech Republic (Republik Ceko), Outdoor Made in Thailand

AC Daikin Inverter R32 European Design
AC Daikin Inverter European Design ini memiliki keunggulan penggunaan Watt yang lebih kecil dibanding tipe Inverter Smile dan Hi-Inverter sekalipun. AC tipe ini di design di Eropa dan dibuat di Ceko lalu sudah memenangi award Red Dot Design Award 2013 berbarengan dengan AC Daikin Urusara 7 yang akan dibahas setelah ini.
AC Daikin Inverter European Design ini tersedia dari kapasitas 1 sampai 2 PK dan memiliki design yang elegan, menarik, pas AC menyala body depan AC terbuka keatas menunjukkan sirip udaranya. pokoke kerennnn… hehehehe… lalu juga konsumsi listriknya cukup rendah… tipe 1 PK hanya 250 – 710 Watt, 1.5PK hanya 325 – 1.000 Watt dan tipe 2PK hanya 475 – 1.530 Watt… dahsyattt…
Kemudian AC Daikin European Design ini juga memiliki modul optional Wi-Fi tambahan yang bisa disembunyikan di dalam AC-nya jadi sama sekali tidak terlihat dari luar supaya user bisa mengatur AC seperti menyalakan dan mematikan AC, mengatur temperatur, dll. Dari HP Android atau iPhone anda (dengan menginstal program tambahan dari Google Play Store atau Apple Store) dimanapun anda berada selama AC di rumah anda terhubung dengan WiFi dan HP anda juga terkoneksi Internet. Canggih banget kan?! Harga modulnya adalah sekitar 2.4jt Rupiah dan teknisi dari Daikin sendiri yang akan datang memasangkan modul WiFi di AC anda dan melatih anda cara menggunakannya.
Toko kami sendiri sejak AC European Design ini tersedia pada akhir Mei 2015 ini sudah menjual lebih dari 80 unit dan ada sekitar 25 unit yang diminta pasang modul WiFi. Jadi sekarang kalo misalnya abis pergi keluar tadinya kalau mau kamar sudah dingin kan mesti telepon pembantu di rumah “Mbak, tolong nyalain ACnya kamar saya ya!” Tidak perlu lagi deh… cukup jalanin app dari HP Android atau iPhone anda, nyala deh AC-nya. Lebih hemat pulsa telepon dan tentu saja lebih kerennnnn dan gayaaaaaa dari semua merk AC di Indonesia… Huehehhehehe…
4. AC Daikin Urusara 7 Freon R32 (FTXZ-NVM4 Series) Made in JAPAN

AC Daikin Urusara 7
AC Daikin R32 Urusara 7 adalah AC PALING CANGGIH DI DUNIA! selain masih asli Made in Japan, AC ini memiliki keunggulan selain tentunya teknologi Inverter sendiri seperti dibawah ini:
* Tipe AC Daikin Urusara 7 tersedia mulai dari 1PK sampai 2PK
* AC Daikin Urusara 7 adalah AC PALING HEMAT LISTRIK di dunia. 1PK hanya butuh daya 110 – 880 Watt, 1.5PK hanya butuh daya 110 – 1.330 Watt dan 2PK hanya butuh daya 110 – 1.600 Watt. Bisa bayangkan AC 1 PK sampai 2 PK hanya pake daya 110Watt kalau suhu ruangan sudah tercapai!!!!! Sudah kami buktikan sendiri pas di cek Ampere AC Urusara 7 1PK dipasang di ruangan 4×4.5m pas baru menyala 3.7A sekitar 814 Watt, kemudian 30 menit kemudian dengan setting suhu 24 di remote, Ampere tinggal 0.5A!!!!!!!!!!
* Masih made in Japan jadi kualitasnya tidak perlu ditanyakan lagi
* Bisa membersihkan filter AC sendiri
* Aliran udara yang bisa berputar mengelilingi ruangan dengan 2 air intake bisa sedot udara dari bagian atas dan bawah AC, dan arah semburan angin yang tidak mengenai tubuh karena sirip kedua AC Urusara 7 membuat hembusan angin langsung keatas. Plus semburan angin AC bisa mencapai 12 meter ke depan. AC Daikin tipe lain paling hanya bisa maksimal 7m.
* Tipe AC Daikin Urusara 7 ini memiliki plasma electric discharge di Titanium Apatite Photocatalytic Filter-nya sehingga kemampuan membunuh bakterinya jauh lebih kuat dan efektif.
* Terakhir, AC Daikin Urusara 7 bisa mengatur kelembaban dalam ruangan anda.
Bagaimana? luar biasa bukan AC Daikin Urusara 7? Untuk membelinya boleh langsung hubungi kami. AC ini tersedia mulai bulan Februari 2015.
5. AC Daikin Deluxe Thailand Freon R32 (FTM-JV Series) Made in Thailand

ac daikin deluxe
Tipe AC Daikin Deluxe ini menggantikan Tipe AC Daikin Deluxe yang lama (FT-HV Series) dan sekarang tersedia mulai kapasitas 1PK hingga 3PK (Tipe lama hanya tersedia sampai 2.5PK).
Kemudian untuk modelnya ada perubahan yang signifikan dibanding model tahun 2014 seperti kurva diatas AC sekarang menjadi garis lurus. Intinya model Daikin Deluxe ini PERSIS sama Daikin High Inverter, hanya saja Daikin High Inverter ada sensor matanya di sebelah kanan bawah AC-nya. Untuk komponennya pun berbagi dengan Daikin High Inverter, makanya AC Daikin Deluxe itu SUPER berat Outdoor-nya yang menandakan dia dibuat menggunakan bahan yang tebal dan terbaik.
Perbedaan terbesar adalah penggunaan Freon R32 yang sudah lebih ramah lingkungan dari R410A dan memiliki index dingin yang JAUH lebih besar dibandingkan Freon R22 sekalipun. Sisanya seluruh keunggulan AC Daikin Deluxe tipe lama tetap dipertahankan. Seperti Outdoor dan Indoor AC yang luar biasa beratnya. Bisa lebih berat 5Kg dibanding tipe Standard di PK AC yang sama!
Kalau anda tertarik membaca perbedaan Freon R32, R22, R410A dan R290 termasuk kelebihan , kekurangan, dan spesifikasinya anda dapat membacanya secara tuntas di artikel kami.
Ada 1 hal lagi yang yang membuat perbedaan AC Deluxe Thailand yang baru. Konsumsi listrik yang lebih rendah! kecuali tipe 2PK yang memiliki konsumsi daya yang sama dengan tipe tahun lalu. Mari kita telusuri satu per satu:
1PK Tipe lama FT25HV14 – 776 Watt Vs. Tipe baru FTM25JV14 – 722Watt
1.5PK Tipe lama FT35HV14 – 1.074 Watt Vs. Tipe baru FTM35JV14 – 1.042 Watt
2PK Tipe lama FT50HV14 – 1.555 Watt Vs. Tipe baru FTM50JV14 – 1.555 Watt
2.5 PK Tipe lama FT60HV14 – 1.970 Watt Vs. Tipe baru FTM60JV14 – 1.859 Watt
dan untuk kapasitas 3PK Tipe baru FTM71JV14 – 2.182 Watt
Mungkin anda berpikir… ah bedanya cuman sedikit.. Tapi coba anda bayangkan perbedaan yang mungkin hanya 40 Watt anda dapatkan PER DETIK! selama AC menyala, kalau ditambah-tambahkan per bulan pasti anda akan merasakan juga penghematan uang yang dikeluarkan.
6. AC Daikin Standard Thailand Freon R410A (FTNE-MV Series) Made in Thailand

tipe ac daikin standard thailand 2015
Untuk Tipe AC Daikin Standard Thailand 2015 FTNE-MV Series adalah pengganti tipe FT-LV dan FTE-KV Series. Tipe Standard Thailand terbaru ini telah menggunakan Freon R410A yang ramah lingkungan dan tersedia mulai ukuran 1/2 PK sampai dengan 2.5 PK sama dengan tipe tahun lalu.
Yang membedakan tipe tahun 2015 dengan tipe 2014 adalah penggunaan Freon yang telah R410A, model AC berubah sedikit dibagian kurva-kurva AC, namun penggunaan atau konsumsi listriknya sedikit lebih rendah. Sisanya masih sama, tipe ini dilengkapi dengan filter anti bakteri yang bernama Titanium Apatite Photocatalytic Filter dan juga memiliki 2 bilah sirip udara naik-turun. Sekali lagi silahkan kunjungi halaman harga ac daikin terbaru 2015 kami untuk melihat harga, konsumsi daya dan Btu AC dengan lengkap!
Tipe Standard Thailand atau disebut juga tipe SMS (Super Mini Split) memiliki panjang unit Indoor yang lebih pendek 6cm dibanding tipe Daikin lainnya. Plus Outdoornya pun lebih kecil mirip AC LG jadi untuk pemasangan di Apartemen yang biasanya sempit tempatnya, penggunaan tipe ini sangat direkomendasikan.
7. AC Daikin Standard China R410A (FTNE-JEV Series) – DISCONTINUED IN SEPTEMBER 2015!!!

AC Daikin Standard China 1PK FTNE25JEV14
Untuk tipe AC Daikin Standard China yang baru (FTNE-JEV Series) sudah resmi keluar pada akhir April 2015 ini. Tipe ini adalah pengganti tipe FT-HEV series. Tipe Standard China yang baru sudah menggunakan Freon R410A yang ramah lingkungan, dan memiliki range tipe yang lebih lengkap. Untuk tipe lama tersedia mulai 1/2 sampai 1.5PK untuk tipe baru tersedia mulai 1/2 sampai 2.5PK. Untuk konsumsi dayanya sama persis dengan tipe tahun lalu.Dan line up tipe AC ini adalah AC tipe low watt atau watt rendah yang dimiliki Daikin. Jadi tipe ini adalah lawan dari tipe ALOWA Panasonic yang merupakan model low watt dengan harga yang terpaut cukup jauh. Jauh lebih murah maksudnya yang tipe Daikin yah.
Takut AC Daikin Standard China jelek, tidak bagus kualitasnya dan cepat rusak? silakan baca artikel apakah AC Daikin Standard China bagus yang kami tulis khusus agar anda tidak ragu untuk membeli AC Daikin Standard China.
AC Daikin Standard China sudah di phase out alias discontinued mulai September 2015. Penggantinya adalah AC Daikin Standard Malaysia yang akan tersedia mulai minggu ketiga November 2015. Untuk spesifikasi dan harga AC Daikin Standard Malaysia termasuk penampakan ACnya baru kami dapatkan dari Daikin dari hasil survey kami sendiri. Detilnya ada di bawah ini ya.
8. AC Daikin Standard Malaysia R32 (FTV-AX Series) BARANG READY STOCK!

ac daikin standard malaysia
Tipe AC Daikin Standard Malaysia ini kami dapatkan gambarnya langsung kami foto sendiri waktu kunjungan ke kantor PT. Daikin AirConditioning Indonesia di Wisma Keiai, Sudirman. Disana kami langsung dapat tes AC-nya dan juga rasakan bedanya. Intinya AC Daikin Standard Malaysia dibuat di Malaysia, sudah menggunakan Freon R32 dan memiliki konsumsi Watt yang sedikit lebih rendah dibanding tipe Standard Thailand (FTNE-MV Series) Sudah begituuuu… Harganya pun sedikit LEBIH MURAH dari tipe AC Daikin Standard Thailand! Sempurna bukan? Untuk melihat konsumsi Watt, Btu dan harganya.
Bentuk AC Daikin Standard Malaysia 90% sama dengan seri Inverter Smile (FTKC-NVM4 Series) bedanya cuman kalau di Inverter Smile di body Indoor ada garis seperti kurva orang tersenyum, yang di AC Standard Malaysia garis kurva digantikan dengan garis lurus biasa. Kemudian remote AC Daikin Standard Malaysia juga berbeda total dengan Standard Cina yang digantikannya yah. Lebih bagus sedikit lah dibanding remote Standard China yang sangat generik dan basically sama dengan semua AC buatan China lain yang dijual di Indonesia.
Jadi sebenarnya tipe ini akan menjadi lawan sejati AC Panasonic Standard CS-PN Series. Tadinya kan persaingannya timpang karena AC Daikin Standard semuanya menggunakan Freon R410A. Kali ini dengan AC Daikin Standard Malaysia pertarungan menjadi seimbang karena keduanya sudah menggunakan Freon R32 dan juga hargannya pun basically sama antara Daikin Standard Malaysia dan Panasonic Standard Series.
Keunggulan lainnya, Tipe AC Daikin Standard Malaysia dari ukuran 1/2PK sampai 1.5PK menggunakan ukuran pipa yang sama yaitu 3/8 x 1/4 yang membuat kalau anda sudah tanam pipa sebelumnya untuk 1PK namun ternyata ruangannya butuh 1.5PK amannnn… Bisa langsung pasang AC Daikin Standard Malaysia 1.5PK
Nah jadi beginilah semua tipe AC Daikin dikupas tuntas. Semoga dapat membantu anda dalam memilih pembelian AC Daikin dan tidak lagi bingung jika ingin memilih tipe.
Kalaupun anda ingin membeli AC Panasonic, kami juga memiliki artikel yang menjabarkan perbedaan tipe AC Panasonic yang split. Dibuat dengan gaya penulisan yang sama dan tentu saja dengan jujur, tidak bertele-tele dan yang pasti tepat sasaran. 

Artikel diatas ditulis dengan gaya bahasa yang enak dibaca dan mudah dimengerti kok sama kayak artikel Tipe AC Daikin yang sedang anda baca ini. Kami yakin anda akan menjadi customer yang bijak dan pintar serta tidak mudah dibohongi lagi setelah membaca semua artikel kami. Hehehehe…

Artikel dibuat oleh:
Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Sumber : http://www.nationalelektronik.com/2014/09/macam-macam-tipe-ac-daikin-dan-perbedaannya/

Tidak ada komentar :

Posting Komentar